Rabu, 30 Maret 2016

SISTEM PENCERNAAN PADA HEWAN AMPHIBI


Amphibi merupakan salah satu kelas hewan dengan klasifikasi sebagai berikut :

Kingdo
m         =         Animalia
Filum
               =         Chordata
Subfilum
         =         Vertebrata
Superclas
         =         Tetrapoda
Kelas
               =         Amphibia

Meskipun pisces dan amphibi mempunyai jenis makanan yang beda akan tetapi keduanya memiliki sistem pencernaan yang hampir sama.
Hanya saja pada hewan amphibi sistem pencernaannya lebih rinci yaitu sebagai berikut :

Alat pada sistem pencernaan amphibi
1.    Mulut ( cavum oris )
Bertujuan untuk memegang dan menangkap mangsa, rongga mulut pada katak dilengkapi dengan gigi berbentuk kerucut dan lidah yang panjang. Gigi pada hewan amphibi memiliki bentuk seperti huruf V namun perkembangannya tidak sempurna.
Bentuk lidah katak menggulung dan panjang juga memiliki tekstur lengket dan kenyal. Untuk menangkap mangsa adalah fungsi dari pada lidah pada katak.

2.    Kerongkongan
( esofagus )
Makanan menuju kerongkongan setelah dari rongga mulut, yang berbentuk saluran pendek. Sekresi alkalis dihasilkan oleh kerongkongan yang berfungsi untuk mendorong makanan memasuki bagian lambung.

3.    Lambung
( ventrikulus )
Sebagai penyimpan makanan adalah fungsi daripada lambung. Lambung katak berbentuk kantung yang menjadi lebar apa bila bila terisi makanan. Lambung pada katak bisat dibagi menjadi dua bagian, yakni tempat dimana masuknya makanan dari kerongkongan ke lambung dan lubang untuk keluarnya makanan dari lambung menuju ke usus.
Selain itu terdapat juga hati di dalam lambung, yang mana bisa menetralkan racun dan zat – zat toxic yang ada di saluran pencernaan pada katak dengan caian empedu yang dihasilkan oleh hati tersebut.

4. Usus ( intestinum )
Usus bisa dikelompokkan ke bagi menjadi dua yaitu usus halus dan usus tebal. Meskipun belum jelas batasan batasannya, usus halus mencakup tiga bagian yaitu adalah duodenum dan jejunum serta ileum. Penyerapan makanan terjadi di usus halus ini. Penyerapan dilakukan oleh enzim yang mana di hasilkan oleh pankreas.
5.    Usus besar
Penyerapan air dan pembusukan dari sisa - sisa makanan terjadi di dalam usus besar.
6.    Kloaka
Pencernaan makanan pada katak berakhir pada kloaka.

Semoga bermanfaat.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar