Senin, 11 April 2016

Proses Pencernaan pada Manusia yang Perlu Anda Ketahui

Makanan yang kita makan biasanya dicerna dalam sistem pencernaan yang diolag dari dalam sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi dari makanan yang diubah menjadi energi. Sebelum makanan dicerna didalam organ pencernaan lalu dikeluarkan sisa – sisanya, tentu ada tahapan – tahapan yang harus dilalui mulai dari pertama kali makanan masuk hingga terakhir kali sisanya keluar. Proses pencernaan makanan berhubungan dengan urutan – urutan mulai dari makanan tersebut di serap hingga diolah oleh manusia. Oleh karena itu, inilah beberapa proses pencernaan pada manusia yang perlu anda ketahui:

- Proses pencernaan makanan secara mekanik

Proses pencernaan pada manusia yang pertama adalah proses pencernaan secara mekanik. Ini adalah sebuah proses perubahanan pada makanan yang semula bertekstur kasar akan berubah menjadi halus. Proses ini tidak hanya berlaku pada manusia saja tetapi juga hewan mamalia. Untuk membuat makanan yang kasar menjadi halus, proses pencernaan mekanik ini akan mengandalkan gigi. Makanan yang masuk kemulut kemudian akan dikunyah dengan gigi dan dibantu oleh kelenjar ludah yang ada pada mulut yang berfungsi untuk membantu membuat makanan halus dengan cepat.

- Proses pencernaan secara kimiawi

Selain proses pencernaan secara mekanik, manusia juga mengalami proses pencernaan secara kimiawi. Ini adalah proses yang merubah zat kompleks yang terkandung pada makanan menjadi zat – zat yang lebih sederhana dengan mengandalkan enzim. Sebagai informasi, enzim merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh dan berfungsi untuk membuat reaksi dalam tubuh secara cepat. Hal ini tentu melibatkan organ pencernaan makanan. Organ pencernaan memiliki 2 jenis saluran yaitu kelenjar pencernaas serta saluran pencernaan. Kelenjar pencernaan berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan secara kimiawi karena ia menghasilkan enzim. Biasanya zat enzim terdapat dilambung sebagai tempat untuk mencerna serta menyerap nutrisi dari makanan agar menjadi energy bagi tubuh.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang proses pencernaan pada manusia yang terdiri dari dua jenis. Masing -–masing proses memiliki tujuannya sendiri namun keduanya saling bekerja sama dalam mencerna makanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar